I'm Another You - Sebuah Filsafat Manusia (3)

Oleh Clara Tobing / @lalatobing

 

(Sebelumnya di bagian1, dan bagian 2)

ii. Nilai-Nilai Kodrati Seorang Manusia

Nilai-nilai kodrati adalah nilai-nilai dasar yang dimiliki oleh setiap manusia. Dalam tulisan ini, nilai-nilai tersebut adalah individualitas setiap manusia. Setiap manusia mempunyai individualitas dan keunikannya yang khas, yang tidak bisa dipaksakan agar sama satu sama lainnya. Inilah yang membentuk eksistensi yang berbeda bagi tiap manusia.

Individualitas manusia harus dipahami sebagai individualitas yang berbeda dengan mahluk lainnya. Mahluk seperti binatang dan tumbuhan juga dapat dikatakan mempunyai individualitas atau keunikan tersendiri dengan mengadakan kualifikasi. Kualifikasi individualitas mahluk lainnya hanya bersifat biologis semata. Pembedaan biologis ini hanya berkaitan dengan perbedaan fisik mahluk satu dengan mahluk yang lainnya.

Sedangkan bagi manusia, individualitas ini terkait dengan dirinya yang benar-benar berdiri sendiri. “Diri” manusia ini merupakan sumber dari kegiatan dan tindakannya. Manusia berdiri sendiri, bertindak sendiri, bertanggung jawab sendiri. Dengan kata lain, individualitas manusia terkait dengan identitasnya sebagai “person”.5

Keunikan individualitas manusia sebagai person berasal dari kerohaniannya. Aspek rohani individualitas manusia ini terkait dengan sesuatu yang disebut sebagai “jiwa”. “Jiwa” manusia membuatnya sadar akan siapa dirinya sendiri. Kesadaran akan dirinya sendiri ini dimunculkan juga dengan relasi manusia dengan sesamanya, serta relasinya dengan sesuatu yang lebih tinggi darinya yaitu Tuhan. Relasi tersebut semakin membuat manusia mengerti, bagaimana posisi dia sebagai pribadi dalam suatu kesatuan alam semesta.

Efek penghayatan jiwa yang berbeda pada tiap manusia memunculkan manusia yang berbeda dengan manusia yang lainnya. Manusia bukan sekedar pengulangan dari jenisnya yang terdahulu. Memang, bila dilihat dari unsur jasmaninya, manusia yang satu bisa sama dengan yang lain apabila kita melihat dari segi warna kulit, bentuk tubuh, ras dan ciri-ciri fisik lainnya. Pada saat “jiwa” ini dimaknailah, individualitas manusia kemudian terlihat, dan pribadi manusia sebagai person yang unik, berbeda satu sama lainnya baru dapat dimaknai.

Individu bagi manusia berbeda dengan invidu pada mahluk. Pada manusia,individu menunjukkan keutuhan aspek rohani dan aspek jasmani, kesatuan dan kutuhan badan dan jiwa. Manusia mempunyai derajat kesatuan. Inilah yang membentuk hakikat dan martabat manusia.6 Individualitas memberikan wajah bagi setiap kepribadian manusia yang berbeda-beda. Kepribadian setiap orang yang berbeda itu terlihat dalam gerak geriknya, wajah, serta tingkah lakunya.7

Inilah nilai-nilai kodrati yang mendasari setiap manusia. Bahwa pada dasarnya manusia itu berbeda. Jiwa manusia membuatnya unik, tidak bisa disamakan seperti barang mekanis satu sama lainnya. Dan tidak dapat dikualifikasikan secara biologis seperti hewan dan tumbuhan. Pemahaman manusia akan segala sesuatunya ikut menumbuhkan “jiwa” rohaninya. Dalam humanisme, individualitas inilah yang harus dihormati. Individualitas yang berbeda satu sama lainnya harus dipahami sebagai upaya manusia untuk mewujudkan eksistensinya. Penghargaan terhadap individualitas adalah penghargaan terhadap manusia itu sendiri.

Individualitas manusia ini terkait dengan dirinya yang benar-benar berdiri sendiri. Efek penghayatan jiwa yang berbeda pada tiap manusia memunculkan manusia yang berbeda dengan manusia yang lainnya. Manusia bukan sekedar pengulangan dari jenisnya yang terdahulu. Manusia mempunyai derajat kesatuan. Inilah yang membentuk hakikat dan martabat manusia.8 Individualitas memberikan wajah bagi setiap kepribadian manusia yang berbeda-beda. Kepribadian setiap orang yang berbeda itu terlihat dalam gerak geriknya, wajah, serta tingkah lakunya.9 Inilah nilai-nilai kodrati yang mendasari setiap manusia. Bahwa pada dasarnya manusia itu berbeda.10

(Selanjutnya di bagian 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com